cara backup data di Android

7 Cara Backup Data Di Android dengan Mudah, Aman dan Gratis

Cara Backup Data Android – Zaman sekarang Smartphone telah menjadi barang atau alat yang sangat penting yang harus kalian miliki. Tidak hanya untuk berkomunikasi, smartphone juga dapat kalian gunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Alat elektronika yang satu ini sudah menjadi kewajiban atau penting sekali untuk dimiliki oleh semua orang.

Hal-hal yang kamu perlu lakukan supaya HP Android atau Smartphone kamu bisa bekerja dengan baik untuk jangka waktu yang panjang adalah dengan cara merawatnya dengan baik. Salah satu yang bisa kamu lakukan yaitu backup data agar perangkat yang ada di smartphone kamu menjadi lebih ringan.

Backup atau mencadangkan adalah suatu hal yang sangat penting bagi kamu para pengguna Smartphone Android. Dengan Backup data kamu bisa meminimalisir kehilangan data pada Android yang anda miliki, antara lain SMS, foto, music dan data lainnya.

Cara untuk membackup data di HP Android sangat banyak pilihannya, kamu tinggal pilih yang cocok dan mudah digunakan.

Bagi Anda yang menggunakan Android, Anda harus tahu bahwa biasanya telah menyertakan aplikasi backup data khusus di perangkatnya.

Misalnya Samsung punya program Kies, Lenovo punya SYNCit dan lain-lain. Namun terkadang perangkat bawaan kurang memuaskan pengguna.

Nah, berikut ini kami akan memberi ulasan cara atau tips untuk backup di Smartphone Android

1. Aplikasi App Backup Restore Android

cara backup data
Ilustrasi:playstore

Masih dengan melakukan backup aplikasi yang berada di Android, sekarang aplikasi usungan Apex Apps tawarkan pelayanan backup yang lumayan gampang.

Dalam aplikasinya, App Backup Restore ini sanggup untuk melakukan backup setiap aplikasi Android yang Anda punyai.

Baca Juga  8 Fitur Terbaru WhatsApp, Yang Harus Kamu Coba?

App Backup Restore sanggup untuk melakukan backup data SMS, contact, bahkan juga semua data yang ada di SD Card. Langkah menggunakannya juga tidak repot.

Pertama, Anda perlu unduh aplikasinya dengan click di sini. Selanjutnya, bukalah aplikasi App Backup Restore.

2. Backup Contact Melalui Google Kontaks

Kamu dapat manfaatkan aplikasi Google Contatcs untuk menyimpan contact yang berada di perangkat. Dengan aplikasi ini kamu dapat secara mudah mengopi contact yang berada di perangkat akun Google punyamu.

Triknya lumayan gampang, membuka menu ‘Setting’ lalu ‘Import’ dan tentukan sumber contact yang ingin disalin. Selanjutnya kamu tinggal pilih account Google yang ingin digunakan untuk simpan daftar contact itu.

Selainnya melakukan pencadangan online, kamu dapat melakukan secara off-line . Maka, kamu tentukan pilihan Ekspor, lalu tentukan account Google yang ingin digunakan, dan paling akhir tentukan Ekspor to.vcf file.

3. My Backup

backup data android
Ilustrasi:playstore

Aplikasi yang telah didownload oleh lebih dari 17 ribu kali ini menyiapkan kemudahan untuk melakukan backup data yang berada di Android kamu.

Tidak cuma hanya itu, bahkan juga My Backup bisa juga melakukan backup secara lokal atau secara online dengan manfaatkan cloud penyimpanan. Seperti inilah mudahnya memakai aplikasi My Backup:

  1. Pertama Download aplikasi My Backup dengan click di sini.
  2. Kemudian membuka dan masuk ke aplikasinya dengan pilih menu “New Backup”
  3. Setelah itu pilih tipe backup-nya “Apps dan Media” atau “Data”
  4. Selanjutnya, Anda tentukan yang ingin dibackup secara “local” atau “online”
  5. Lalu, pilih setiap aplikasi / data yang ingin Anda backup dengan lakukan checklist pada bagian kanan yang ada kotak kecil kosong
  6. Klik “OK” setelah Anda selesai dan setuju untuk melakukan backup
Baca Juga  6 Rekomendasi Aplikasi Photo Jadi Hijab Yang Mudah dan Praktis

4. Backup photo di Google Photos

Aplikasi yang bisa dihandalkan untuk melakukan pencadangan photo dengan Google Photos. Triknya, kamu bisa aktifkan feature backup dengan buka aplikasi Google Photos, lalu tentukan Setting dan hidupkan pilihan ‘Back up dan Sync’.

Bukan hanya menyimpan data, kamu bisa pilih kualitas photo yang ingin diletakkan. Sesudah melakukan backup, kamu bisa hapus semua photo dengan pilihan ‘Free up space’.

5. Google Backup

Google Backup adalah sebuah aplikasi yang ada di semua perangkat Android. Aplikasi ini akan meng-cover sandi WiFi, Penataan aplikasi, dan data aplikasi. Untuk memakainya Anda cukup buka menu Settings lalu tentukan pilihan Backup dan Reset.

Semua data yang dibackup itu selanjutnya akan diletakkan di account Google Anda. Oleh karena itu, untuk manfaatkan sarana dari Google Backup, seharusnya Anda mempunyai Gmail dan lakukan sinkronisasi handphone Anda pada account Gmail.

Kemudian, Google Backup akan secara automatis melakukan backup untuk seluruh data yang ada di handphone Anda.

6. Backup pengaturan di Google Drive.

Ilustrasi:playstore

Android tawarkan cara-cara buat pengguna Android untuk menyimpan data yang dipunyainya. Satu diantaranya ialah pengaturan yang berada di perangkat, sehingga kamu tidak pakai repot untuk mengatur banyak hal.

Triknya, kamu tinggal buka menu ‘Settings’, tentukan ‘System’ dan ‘Backup’. Sesudah dibuka, kamu bisa pilih ‘Back up to Google Drive’.

Ada banyak pilihan yang lain, pilih opsi ‘Settings’ untuk mengcopy pengaturan yang berada di pengaturanmu. Nanti, data cadangan ini bisa dijangkau juga dari aplikasi Google Drive.

7. Super Backup dan Restore

cara backup data android
Ilustrasi:playstore

Aplikasi yang dipoles oleh MobileIdea Studio ini menawarkan pelayanan untuk melakukan backup data pada handphone Android Anda.

Hampir sama dengan beberapa aplikasi yang ditawarkan sebelumnya, Super Backup dan Restore mempunyai banyak feature untuk melakukan backup data secara mudah dan sederhana. Seperti inilah langkahnya:

  1. Pertama Download aplikasi Super Backup dan Restore di sini.
  2. Lalu Bukalah aplikasinya, Super Backup dan Restore akan menampilkan beberapa menu seperti SMS, Google Drive, dan lain-lain.
  3. Kini Anda pilih data yang ingin Anda Backup, misalkan Anda ingin membackup SMS maka pilih menu SMS
  4. Kemudian Anda langsung bisa click “Backup All” untuk melakukan backup keseluruhannya
  5. Lalu Anda langsung bisa click “OK”
  6. Dan sekarang Anda perlu menunggu aplikasi Super Backup dan Restore untuk melakukan proses backup, benar-benar gampang kan?
Baca Juga  10 Aplikasi AlQuran Di HP Android Yang Mudah dan Gratis

Penutup

Demikianlah pembahasan dari kami untuk kalian berkenaan langkah untuk mem-backup data yang berada di Handphone Andorid kalian. Mudah-mudahan berguna dan selamat mencoba. Terima kasih.