cara kerja gearbox mobil
Ilustrasi:pixaby

Cara kerja gearbox pada Mobil

Cara kerja Gearbox mobil agak mirip (pada prinsipnya) dengan sistem chainring/derailleur yang ditemukan pada sepeda. Hal ini dimaksudkan untuk mengubah rasio roda gigi antara elemen penggerak (kaki pengendara sepeda dalam kasus sepeda dan motor dalam kasus mobil) dan roda. Namun, ada beberapa teknik untuk mendapatkan pengurangan: roda gigi paralel (manual, robot), roda gigi episiklik (BVA dengan konverter) dan sabuk (variator seperti pada skuter = kotak CVT).

Prinsip dasar Cara Kerja Gearbox Mobil dan kegunaannya

Di dalam mobil, Cara kerja gearbox memungkinkan untuk mentransmisikan daya yang dihasilkan oleh mesin pembakaran internal ke roda penggerak dengan mengalikan kurang lebih kecepatan putaran poros keluaran mesin tergantung pada kecepatan. Karena mesin pembakaran terbatas pada rentang kecepatan tertentu (misalnya: dari 1000 hingga 5000 rpm maksimum). Jika roda terhubung langsung ke motor (karena itu tidak ada gearbox), mereka hanya dapat berputar pada frekuensi antara 1000 dan 5000 putaran jika saya mengambil contoh dalam tanda kurung. Cara kerja Gearbox mobil memungkinkan untuk meningkatkan kemungkinan rotasi roda, dan oleh karena itu untuk mengemudi sambil berjalan serta untuk mencapai kecepatan tinggi.

Powertrain

Tenaga ini harus disesuaikan dengan kondisi mengemudi kendaraan yang berbeda, tahanan gelinding jelas berbeda jika seseorang berada dalam situasi start dibandingkan saat mobil diluncurkan. Rasio roda gigi atau koefisien reduksi yang diterapkan pada daya dari mesin dan dikomunikasikan ke sistem rolling (roda) disebut rasio transmisi. Teknik yang digunakan untuk memastikan variasi ini didasarkan pada penggunaan roda gigi.

Sedikit lebih detail.

Tuas persneling terhubung ke sebuah linkage. Tautan menggerakkan garpu (dengan mengubah gerakan tuas menjadi “gerakan lain yang dapat diterima gearbox”, dalam hal ini garpu), yang dengan sendirinya menggerakkan penggeser yang akan mencengkeram (menghubungkan) pinion “gila” ( = bebas = tidak terhubung ke poros yang ditempatinya) dari poros sekunder. Oleh karena itu,  terdiri dari menggunakan roda gigi dan oleh karena itu menghubungkan roda gigi ke poros yang ditempatinya.

Beberapa arsitektur gearbox mekanis

Anda semua harus sama-sama tahu bahwa poros sekunder dan primer sejajar dalam kasus kotak dengan tiga poros, membuat orang baru percaya bahwa hanya ada satu poros. Pada kenyataannya, poros utama menggerakkan poros sekunder melalui perantara batang. Sebaliknya, sistem untuk kotak dua poros lebih mudah dipahami karena tidak ada poros di antaranya. Anda akan memahami lebih baik dengan mengamati diagram di bawah ini dalam artikel.

Kotak yang lebih tua sering memiliki roda gigi pacu (seperti halnya kebalikan pada kotak modern) dan tidak berbentuk heliks seperti pada kotak modern. Hubungan antara roda gigi dibuat dengan menggeser sprocket pada poros: ketika berlawanan, tautan dibuat). Tetapi dengan cepat datang sistem cakar (tanpa sinkronisasi, itu berderit dan Anda harus bersikeras tetapi berhasil . Oleh karena itu, kebisingan pengoperasian lebih besar dan keausan gearbox lebih cepat (gigi heliks memiliki banyak keuntungan).

Baca Juga  5 Penyebab Remote Mobil Rusak dan Tidak Berfungsi

Lihat bagaimana semua sprocket bergigi lurus. Disini bukan box lama tapi versi kompetisi, karena spur gear memiliki kelebihan (contoh: ketahanan yang lebih baik, penyederhanaan, dll). Anda juga dapat melihat anjing dengan jelas, untuk pergantian gigi yang sangat “hidup”!

Secara umum, semua roda gigi secara terus menerus terhubung satu sama lain apakah Anda dalam keadaan netral atau tidak. Menghubungkan roda gigi pada akhirnya hanya akan terdiri dari mengunci salah satu roda gigi (disebut roda gigi idler) pada poros sekunder. Tidak lebih rumit dari itu.

Roda gigi bermandikan minyak yang terus diaduk oleh gerakan internal. Oleh karena itu, yang terakhir diproyeksikan ke atas, karena rakitan tidak sepenuhnya diisi dengan minyak. Di bagian atas versi dengan mesin memanjang dan di bagian bawah melintang (karena ada lebih sedikit ruang maka jauh lebih kompak dan persegi. Membujur, diposisikan ke arah mobil, mengirimkan semuanya ke belakang, tidak oleh karena itu tidak memalukan bahwa itu agak panjang).

Kotak Tiga Pohon

Inilah cara kerja kotak tiga poros (penjelasan yang sama tersedia di bawah pada versi dua poros).

(Ilustrasi Cara kerja gearbox 4-kecepatan untuk membatasi jumlah roda gigi, dan karenanya memudahkan pemahaman). Dalam keadaan netral, semua roda gigi masih terhubung satu sama lain, tetapi beberapa (poros sekunder berwarna biru) tidak memiliki kontak dengan poros yang membawanya.

Ketika saya menggunakan laporan, garpu datang untuk memindahkan pemutar (cincin sinkronisasi ada di dalam) untuk datang untuk mengamankan pinion ke poros (yang sesuai dengan kecepatan yang diinginkan). Setelah dipindahkan, maka ada koneksi “keras” antara ketiga poros, yang kemudian memungkinkan roda berputar. Perhatikan bahwa pada keluaran kotak terdapat diferensial yang memungkinkan untuk mendistribusikan kecepatan putaran untuk setiap roda.

Komponen Gearbox

Berikut adalah komponen-komponen gearbox. tidak terlalu terlihat, adalah persegi panjang abu-abu muda yang terletak di jantung roda gigi idler (= bebas). Sprocket transparan menunjukkan bahwa mereka menganggur (oleh karena itu tidak terhubung ke poros yang mereka tempati).

Ketika saya menggunakan roda gigi, saya mengikat salah satu sprocket (dengan rasio yang diinginkan) ke poros melalui roda gigi geser dan cakar (mereka memungkinkan koneksi).

Rasio 4 istimewa karena umumnya dalam rasio 1:1, yaitu tidak ada pengurangan antara mesin dan roda (yang kemudian berputar dengan kecepatan yang sama dengan mesin). Ini disebut kontak langsung.

Dua Kotak Dua Poros

Dalam kasus kotak dengan dua poros, prinsipnya tetap sama tetapi jumlah bagian kurang penting, yang membantu memfasilitasi pemahaman. Berikut adalah diagram yang terakhir di netral dan dengan gigi yang diaktifkan.

Perhatikan bahwa seperti pada kasus sebelumnya, saya telah mengilustrasikan gearbox 4-percepatan untuk menyederhanakan diagram. Sprocket pada poros utama (merah) “dilas” sedangkan pada poros sekunder (biru) dikatakan “gila”. Bahkan, mereka hanya dapat dihubungkan ke pohon mereka ketika walkman (warna hitam) datang untuk mencengkeram mereka.

Baca Juga  5 Langkah Cara Mudah Ganti Ban Mobil untuk Wanita

Ini adalah gigi pertama yang diaktifkan, pinion biru pertama sekarang menyatu dengan porosnya (sekunder). Gerakan ini kemudian ditransmisikan ke diferensial, dan karena itu ke roda.

Bantalan gearbox dan segel oli (karet yang menyegel bantalan) yang menahan poros di tempatnya.

Membalik

Sangat sederhana, untuk memiliki gigi mundur, cukup masukkan pinion tambahan untuk memutar roda ke arah lain. Memang, ketika saya memiliki dua sproket yang terhubung satu sama lain, satu bergerak berbelok ke kiri) dan yang lainnya ke arah yang berlawanan (karena itu ke kanan). Sebaliknya, jika saya memasukkan pinion di antara keduanya, maka pinion pertama dan terakhir akan berputar ke arah yang sama. Singkatnya, ketika saya memiliki kaskade sprocket yang berputar ke arah tertentu pada output, saya hanya perlu menambahkan roda gigi ke “cascade” ini sehingga rotasi output terbalik (inilah yang terjadi ketika diaktifkan, pinion umumnya dimasukkan di antara dua poros alih-alih hanya menghubungkannya, yang membalikkan gerakan). Jika prinsipnya sama di mana-mana, rakitan bisa sangat berbeda dari satu kotak ke kotak lainnya.

Gigi mundur memiliki sproket yang lebih mendasar, yang menyebabkan suara khusus saat mengemudi mundur. Karena saya membayangkan Anda telah memperhatikan bahwa mobil jauh lebih berisik saat mundur. Melihat foto bawah, Anda akan segera melihat bahwa roda gigi tidak bias (heliks) seperti pada sprocket lainnya.Info lebih lanjut tentang membalikkan di sini.

Ini terdiri dari elemen-elemen ini:

Transmisi, yang bergerak dari tuas persneling ke roda, terdiri dari semua elemen ini:

Cara Kerja Gearbox Mobil Hanya di dalam:

Garpu: misinya adalah menggerakkan pemain untuk menggunakan rasio roda gigi (dengan memblokir salah satu sproket yang terletak di poros sekunder). Ada beberapa di setiap gearbox (saya hanya menempatkan satu di diagram untuk mengosongkan beberapa ruang).

Walkman: itu akan memungkinkan roda gigi untuk dikunci, yaitu menghubungkan salah satu roda gigi idler pada poros yang ditempatinya. Ini adalah jembatan antara anjing dan pohon

Sinkronisasi gearbox: juga disebut cincin sinkronisasi, melembutkan penguncian roda gigi. Karena ketika Anda menggunakan roda gigi, itu terdiri dari menghubungkan elemen-elemen yang berputar pada kecepatan yang berbeda. Persis seperti kopling, mereka akan memungkinkan transmisi yang mulus antara decoupling dan kopling pinion ke porosnya.

Sebelumnya tidak ada sinkronisasi, yang menyebabkan harus bermain dengan tumit kaki untuk mengganti persneling dengan mudah (kami harus memastikan bahwa kecepatan rotasi antara poros dan gigi idler sedekat mungkin, untuk membatasi kresek).

Prinsipnya terdiri dari melakukan semacam gesekan antara slider dan pinion sehingga mereka mendekati kecepatan masing-masing sebelum kontak akhir. Semakin dekat roda gigi di antara keduanya saat “menghubungkan” roda gigi, semakin sedikit roda gigi yang berderit. Ini adalah cincin sinkronisasi yang bertindak sedikit seperti kopling mini meskipun prinsipnya sedikit berbeda.

Baca Juga  Cara Untuk Memperbaiki Aki Kering Yang Soak

Cara Kerja Gearbox Mobil pada Poros

Poros primer: terhubung ke poros engkol melalui kopling/roda gila, sehingga berputar pada kecepatan yang sama dengan mesin.

Poros perantara: Hanya pada gearbox tiga poros, terletak tidak sejajar dengan poros utama tetapi sejajar dengannya. Tautan antara poros primer dan sekunder dibuat oleh yang terakhir.

Poros sekunder: pada yang terakhir pinion dari setiap roda gigi berada. Poros ini digerakkan oleh poros perantara  yang dengan sendirinya terhubung ke poros utama.

Diferensial: roda kiri dan kanan tidak berputar pada kecepatan yang sama saat menikung, sistem diferensial hadir antara gearbox dan roda untuk mendistribusikan kecepatan ke roda kiri dan kanan.

Bantalan: bantalan gearbox digunakan untuk memutar poros primer, sekunder dan menengah.

Oli: roda gigi kotak bermandikan minyak untuk membatasi suhu yang dihasilkan dari gesekan antara bagian logam, tetapi juga untuk melumasi kontak antar roda gigi tentunya.

Cara Kerja Gearbox Mobil Di luar kotak:

Linkage: menghubungkan tuas persneling ke kotak, elemen ini mengubah satu gerakan menjadi gerakan lain (mengubah gerakan tuas vertikal menjadi gerakan horizontal)

Cardan: menghubungkan gearbox  ke roda, oleh karena itu memungkinkan untuk membuat hubungan akhir antara mesin dan roda.

Kopling: memungkinkan Anda untuk menghubungkan (atau tidak, tergantung pada apakah Anda mengaktifkan atau melepaskan) mesin ke gearbox. Ini terdiri dari beberapa elemen seperti disk, pelat tekanan, stopper, penutup dan diafragma.

Roda gir: terhubung ke poros engkol, “bergesekan” dengan cakram kopling

Cara Kerja Gearbox Mobil Dua jenis roda gigi:

Jenis gigi paralel ini hanya menyangkut gearbox mekanis atau yang robotik kopling tunggal dan ganda. Konverter BVA memiliki jenis roda gigi lain yang disebut planetary.

Jadi di sini adalah BVA serta yang disebut diagram roda gigi planet (kita bisa melihatnya di sini dengan tata letak yang persis seperti sistem planet dengan orbit).

Tahu tentang gearbox

Gigi pertama hanya digunakan untuk memulai, yang membutuhkan daya paling besar, karena ini adalah masalah merobek kendaraan dari keadaan statisnya. Rasio lainnya disebut perantara. Mobil pertama hanya memiliki 3 gigi (misalnya Traksi).

Pada awal tahun 1948, 2CV Citroën yang terkenal memiliki 4, dengan nama khusus: kami tidak berbicara tentang gigi 4, tetapi tentang gigi S, untuk overdrive.

Perawatan transmisi meliputi penggantian oli yang digunakan untuk melumasi roda gigi. Itu juga terjadi bahwa ada kebocoran oli terkait dengan masalah dengan penyegelan kotak. Harus dilakukan jika start sangat lambat atau membutuhkan peningkatan tenaga dan jika persneling terus-menerus bergeser dengan buruk. Penggantian saringan mungkin juga diperlukan.

Gearbox adalah salah satu bagian penting dari mobil Anda. Karena ini adalah teknologi yang kompleks, beberapa mobil diketahui memiliki gearbox yang rapuh: misalnya Golf4, Polo, Mini, tetapi juga Clio dan beberapa Audi.