Perbandingan Mobil Honda Civic Sir 2002 dan Civic Veloz 2002

Honda Civic Sir 2002

Setelah agak meluncurkan bola mobil sport kompak, setidaknya di Quebec, perusahaan Honda memutuskan selama pembaruan Civic kompak pada tahun 2001 untuk meninggalkan versi hatchback, begitu populer di kalangan anak muda.

Saat ini sulit untuk menemukan, di pasar barang bekas, hatchback Civic yang belum dimodifikasi sebagian, karena tren ini sangat populer. Sebagai mode untuk “tuning” dan mobil sport kompak terus berkembang, beberapa perusahaan telah mengarang versi yang lebih efisien dari model mereka untuk tujuan ekonomi.

Sebut saja Nissan Sentra SE-R Spec V, Ford Focus SVT, Volkswagen GTI 337, Mazda Protegé Speed ​​dan lainnya.

Generasi terbaru dari Civic telah menjadi sangat gentrified dibandingkan dengan model sebelumnya. Karakter sporty dari masa lalu telah memberi jalan untuk kenyamanan. Karena kenikmatan berkendara dan performa mesin sangat penting untuk jenis mobil ini, Civic Amerika Utara bukanlah tandingannya.

Oleh karena itu perlu untuk mengimpor versi vitamin dari Civic Eropa, menawarkan tubuh hatchback yang khas dan mesin 160 tenaga kuda, dipinjam dari Acura RSX. Mari kita lihat apakah, meski persaingan ketat, Civic SiR akan merebut kembali gelar “benchmark kelas” yang sempat hilang dari Honda beberapa waktu lalu.

Pertama, masyarakat yang tertarik dengan mobil jenis ini mencari garis khas yang disempurnakan dengan aksesoris tertentu (spoiler, side sill skirt, fog lamp, dll) yang membuat kepala pusing. Dalam kasus mobil ini, kurang lebih berhasil.

Tentu saja ia memiliki garis asli, tetapi tidak ada kecerdasan yang mencerahkan tampilannya. Setidaknya akan memiliki keuntungan melewati tahun-tahun dengan mudah.

Interiornya, sementara itu, jauh lebih baik. Jika beberapa plastik tampak agak mengganggu, semuanya telah dilakukan untuk memberikan posisi mengemudi yang ideal.

Baca Juga  Mobil Prancis Yang Diproduksi Di Luar Prancis

Pertama-tama, tuas persneling yang terintegrasi ke dalam dasbor sangat brilian. Selain sangat presisi, gerakan antar persneling pendek dan posisi tuas yang sama ini memfasilitasi pengendaraan yang sporty. Kedua, kursi memiliki dukungan luar biasa yang membuat pengemudi tetap di tempatnya.

Belum lagi setir palang tiga yang luar biasa, dial analog dengan latar belakang putih, dan dasbor yang sangat ergonomis. Selain itu, kompartemen penumpang menawarkan kenyamanan yang sangat jujur ​​​​dan jumlah ruang penyimpanan yang mengesankan.

Perlengkapan Civic SiR sangat lengkap. Ini termasuk power window, remote unlocking, AC, power dan kaca spion berpemanas, sunroof kaca dan sejumlah fitur lainnya.

SiR tidak memiliki mesin versi Type R yang kuat yang dipasarkan di Jepang, tetapi 160 tenaga kudanya lebih dari cukup untuk menawarkan kesenangan berkendara yang menarik dan performa yang sepadan. 0-100 km/jam tradisional dilakukan dalam 8 detik, yang merupakan standar untuk kategori tersebut. Sayangnya, jika powertrain tampak lebih dari menarik, itu sangat berbeda dalam hal pengereman.

Meski cakram empat roda disertai dengan anti-lock, pengeremannya tidak pernah bertahan lama. Memang benar bahwa mobil uji kami tampaknya menderita di sisi ini, tetapi setelah hanya menempuh 13.000 kilometer, tidak dapat diterima untuk menawarkan pengereman yang tidak efektif seperti itu.

Meskipun suspensi double-wishbone memberikan kinerja yang kokoh dan stabil, mobil ini dihambat oleh roda 15 inci (sama seperti pada Civic Si). Hal ini menyebabkan body roll berlebihan yang tidak membantu karakter sporty mobil.

Akhirnya, kita harus memberikan catatan yang baik untuk kemudi yang dibantu secara elektrik, yang menawarkan presisi tinggi.

Menyenangkan dalam berkendara normal dan sporty, Civic SiR sangat homogen. Yang mengejutkan saya, peredam suara mobil sport ini jauh lebih unggul dari yang biasa digunakan oleh pabrikan Jepang.

Baca Juga  Cara Pengoperasian dan Merawat Kopling

Bahkan jika suspensi tegas mengingatkan kita bahwa kita sedang berhadapan dengan mobil sport kecil, hal itu tidak banyak mempengaruhi kenyamanan yang dihargai selama perjalanan jauh.

Di mana saya memiliki keengganan utama adalah harga. Sebagai perbandingan, Nissan Sentra SE-R Spec V menawarkan lebih banyak peralatan dan biaya kinerja yang lebih tinggi sekitar $2.500 lebih murah.

Jumlah $25.500 yang diminta untuk mobil ini menurut saya terlalu berlebihan, terutama mengingat beberapa aksesori hilang.

Civic SiR tentu mengingatkan kita pada keunikan karakter mobil sport merek tersebut. Kenikmatan berkendara dan suara mesin khas Honda tentu menjadi keunggulannya.

Namun, saya pikir kami lupa detail kecil. Kami di tahun 2002! Ini diterjemahkan ke dalam gearbox manual 6-percepatan, pelek 17 inci dengan ban profil rendah, sistem audio berkinerja tinggi, dan aksesori estetika yang dipuja oleh audiens target.

Untuk semua alasan ini, Honda ketinggalan perahu. Bukan berarti Civic SiR adalah mobil yang buruk, tetapi hanya powertrain yang dapat bertahan melawan persaingan. Setidaknya memiliki keunggulan dalam menawarkan keandalan Honda.

Honda Civic Si Veloz 2002

Dengan meluncurkan Civic baru pada tahun 2001, Honda dikritik karena perilakunya yang kurang sporty dibandingkan generasi sebelumnya.

Memang benar bahwa mobil ini sekarang lebih beradab, nyaman, tenang, dan lapang dari sebelumnya, tetapi kita tidak boleh melupakan klien muda yang sangat menyukai subkompak ini.

Karena Civic Si coupe sejauh ini merupakan mobil yang paling banyak dimodifikasi dalam kategori apa pun, Honda harus melakukan bagiannya untuk menarik pelanggan yang, bagaimanapun, berniat untuk menyesuaikan mobil mereka setelah pembelian.

Oleh karena itu, untuk tahun 2002 kami mempersembahkan edisi khusus yang disebut Si Veloz.

Baca Juga  Toyota Corolla : 50 Juta Unit Terjual

Di jalan, mobil ini berperilaku persis seperti Si coupé karena berbagi semua elemen mekanisnya. Mesin yang hidup dikawinkan dengan gearbox manual 5-percepatan yang sangat presisi adalah aset utama.

Meski hanya menghasilkan 127 tenaga kuda, tenaganya tetap ada dan hanya minimnya torsi low-end yang mengurangi kenikmatan berkendaranya. Kemudinya juga sangat presisi dan suspensi independen empat roda tetap kokoh meskipun telah dimodifikasi pada tahun 2001.

Singkatnya, kami menemukan semua elemen dasar yang berkontribusi pada berkendara yang sporty, bahkan jika kami jauh dari S2000!

Khususnya di bagian luar kita dapat membedakan Veloz dari coupe Si dasar karena kami telah menambahkan satu set rok aerodinamis serta spoiler belakang yang khas. Juga termasuk dalam paket ini adalah ujung knalpot krom, lencana Veloz dan dasbor dengan aksen serat karbon.

Namun sayang, mobil ini hanya bisa dipesan dengan dua warna saja, yakni hitam dan abu-abu silver, karena bagi yang tertarik dengan coupe ini ingin tampil beda dari yang lain.

Memang benar bahwa opsi ini memberikan penampilan dan karakter yang sangat sukses, tetapi saya bertanya-tanya tentang relevansi memilih model ini ketika Anda tahu bahwa semua opsi ini dapat dipesan secara terpisah, tanpa biaya tambahan.

Memang, dengan tagihan yang dinaikkan $ 2.500 dibandingkan dengan model Si standar, Veloz tampaknya mahal. Selain itu, dengan memilih opsi terpisah, Anda akan memiliki akses ke pilihan warna yang lebih bervariasi.

Tentu saja, jika paket Veloz menarik bagi Anda dan pilihan warna tidak menjadi masalah, Anda akan memiliki mobil terjangkau dengan karakter sporty yang menonjol dari Civic lainnya.