Diet dengan Ubi

Diet dengan Ubi. Apakah Ampuh?

hCara diet pakai ubi untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan ubi dianggap sangat menjanjikan terhadap penurunan berat badan anda dengan cepat.

Faktanya, metode diet dengan ubi apakah ampuh? tetapi tidak semuanya baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi konsumsi ubi yang tepat akan bisa memberikan nutrisi dan manfaat bagi tubuh anda.

Apakah kamu pernah mendengar atau melakukan diet dengan ubi 3 selama 3 hari? Namun ada beberapa orang beranggapan metode ini dapat menurunkan berat badan secara cepat.

Bagaimana diet dengan ubi dari segi kesehatan? Apakah bagus mengkonsumsi ubi untuk diet atau menurunkan berat badan? Untuk itu supaya kita semua tahu, simak ulasan berikut ini.

Cara diet pakai ubi untuk menurunkan berat badan

Cara diet pakai ubi untuk menurunkan berat badan

Diet ubi merupakan pola makan dengan cara mengkonsumsi ubi jalar untuk menurunkan berat badan. Diet ubi memiliki beberapa variasi antara lain sebagai berikut :

  • Hanya dengan konsumsi ubi jalar dalam sehari. Ubi tersebut bisa diolah dengan cara ditumbuk, dipanggang atau direbus. Kamu tidak bisa makan jenis makan yang lain, tapi boleh minum the dan kopi tanpa pemanis atau air putih.
  • Diet yang sangat rendah kalori. Selain ubi jalar, kamu boleh konsumsi sayuran dan protein, tetapi untuk asupan kalorinya harus tetap rendah. Biasanya dengan metode ini kamu bisa makan telur rebus, sayuran rebus dan ubi jalar dalam sehari.
  • Dengan ini berarti telah mengganti semua jenis karbohidrat dengan makan ubi jalar. Sesuai dengan namanya, variasi cara diet seperti ini harus menggunakan ubi sebagai sumber karbohidrat utama.
Baca Juga  8 Tips Yang Mudah Dan Bisa Kamu Coba Untuk Membayar BPJS Kesehatan

Lantas, bagaimana apa diet dengan ubi dapat menyehatkan? Jawabannya tidak.

Alasannya yaitu dari tiga variasi diet makan ubi tidak cukup untuk menyediakan semua kalori dan nutrisi yang kita butuhkan oleh tubuh dalam sehari. Diet seperti ini juga dapat menyalahi pesan dari Pedoman Gizi Seimbang untuk konsumsi bermacam jenis pangan.

Selain itu, ada beberapa alasan kenapa diet ubi dianggap kurang tepat antara lain:

  • Dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi
  • Berat badan akan mengalami penurunan tetapi hanya bersifat sementara dan berpeluang tinggi akan kembali berat badanya berlebih. Istilah ini sering dikenal dengan the yo-yo effect, yaitu kesulitan untuk mempertahankan berat badan.
  • Setelah mengalami kondisi akibat yo-yo effect juga dapat meningkatkan resiko penyakit yang kronis, misalnya diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Kandungan nutrisi dan manfaat yang terdapat pada ubi

Ubi memiliki kandungan yang beragam nutrisinya yang berguna untuk kesehatan. Inilah beberapa zat gizi yang terkandung pada 130 gram ubi :

Kalori :112 kkal

Karbohidrat : 26 gr

Protein : 2 gr

Lemak : 0,1 gr

Serat : 3,5 gr

Vitamin A : mampu memenuhi 102% dari kebutuhan harian

Vitamin B6 : mampu memenuhi 11% dari kebutuhan harian

Vitamin C : 3,12 mg

Kalsium : 39 mg

Kalium : 438 mg

Natrium : 71,5 mg

Manfaat kandungan nutrisi tersebut untuk kesehatan antara lain:

1. Dapat menurunkan resiko penyakit diabetes

Tanaman ubi memiliki serat yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat penting untuk membantu dalam memperlambat penyerapan gula yang terjadi di dalam tubuh dan dapat mengontrol kadar gula darah.

2. Dapat Menurunkan resiko penyakit kanker

Cara diet pakai ubi Siapa sangka, ternyata ubi manis dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Sebab ubi mengandung antioksidan dan senyawa antosianin di dalamnya.

Kutipan dari molecular nutrition dan Food Research, tumbuhan ubi jalar yang berwarna ungu ternyata mengandung senyawa antosianin yang memiliki sifat antioksidan.

Setelah melakukan penelitian dulu ada beberapa bukti bahwa senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di kandung kemih, perut, payu dara dan usus besar.

Baca Juga  7 Manfaat Tanaman Temu Ireng untuk Kesehatan Tubuh

3. Untuk melancarkan pencernaan

Cara diet pakai ubi Kandungan serat yang ada di dalam ubi dapat meningkatkan kesehatan usus dan bisa melancarkan pencernaan yang bisa mencegah terjadinya sembelit

Ubi juga di dalamnya mengandung vitamin B6 yaitu memiliki fungsi untuk membantu dan mengatur metabolisme tubuh kamu.

4. Kesehatan mata

Ubi jalar juga mempunyai kandungan yang bernama beta karoten yang memiliki sifat antioksidan. Beta karoten akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh berguna untuk membantu fungsi kornea. Dengan ini memungkinkan mata melihat dalam kondisi yang kurang cahaya dan mencegah rabun senja.

5. Untuk menjaga sistem imun

Beta karoten yang sudah berubah menjadi vitamin A memiliki peran untuk menjaga system kekebalan tubuh. Apabila vitamin A dalam tubuh kita berkurang, biasanya sering dikaitkan dengan kekurangan system imun dan keadaan seperti ini, bisa mendapatkan ancaman penyakit dan peradangan di dalam tubuh akan meningkat.

Selain itu juga terdapat vitamin C di dalam ubi mempunyai peran untuk melawan peradangan dan membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Adakah manfaat dari ubi untuk diet?

Walaupun variasi diet menggunakan ubi kurang pas dari segi kesehatan. Namun terdapat beragam kandungan nutrisi di dalam ubi sudah terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Nutrisi yang terdapat di dalam ubi juga mungkin dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan melalui beberapa cara di antaranya yaitu :

1. Rasa kenyang lebih lama dan Mengurangi nafsu makan

Di dalam ubi terdapat kandungan serat dan air yang cukup tinggi. Sehingga ini bisa membantu kamu merasakan kenyang lebih lama. Dengan ini memungkinkan makan berlebihan akan semakin berkurang.

Karena itulah ubi dapat salah satu alternatif yang menjadi pilihan sebagai makanan pokok maupun untuk camilan yang dapat membantu program diet yang kamu lakukan.

2. Rendah kalori

Dalam melakukan program diet untuk menurunkan berat badan identik dengan defisit kalori atau menurunkan asupan kalori yang masuk. Nah, untuk mencapai defisit kalori, banyak orang dengan cara mengurangi atau bahkan ada yang menghilankan asupan karbohidrat.

Baca Juga  Cara Pakai BPJS Kesehatan untuk berobat, Ini Langkahnya

Untuk bisa menghilangkan kalori dan karbohidrat yang berlebihan yang berasal dari makanan sehari-hari. Kamu bisa sesekali memilih konsumsi ubi sebagai alternatife korbohidrat yang lebih rendah kalori.

Di dalam 130 gram ubi mengandung sebanyak 112 kalori, ubi memiliki 37 kalori lebih rendah dari secangkir susu.

3. Memiliki indeks glikemik rendah

Ubi rebus mempunyai indeks glikemik rendah (low GI) jika kita bandingkan dengan ubi panggang, goreng atau bakar. Makanan dengan indeks glikemik rendah sangat penting untuk membantu dalam mempertahankan penurunan berat badan dan dapat menjaga kadar gula darah kamu.

Tips mengolah ubi yang bisa membantu untuk penurunan berat badan

Ubi adalah salah satu makanan yang popular dan menjadi satu makanan pokok di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Tidak hanya dikukus, ubi juga dapat diolah untuk dijadikan berbagai macam jenis makanan yang menggugah selera.

Tetapi, anda juga jangan lupa untuk selalu memperhatikan bagaimana cara mengolah ubi untuk program diet supaya lebih menyehatkan.

Ubi rebus lebih bagus atau baik untuk membantu menurunkan berat badan dibandingkan dengan cara panggang, bakar atau goreng.

Mengolah ubi dengan cara merebus bisa menjaga supaya indeks glikemik ubi tetap rendah dan tidak ada lagi tambahan kalori yang lain seperti pada saat proses penggorengan.

Tidak hanya itu, sangat penting bagi kamu untuk membatasi asupan makan termasuk ubi jalar. Pada intinya kalau makan terlalu berlebihan entah makanan apa pun bisa mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan anda.

Demikian tadi beberapa fakta mengenai Cara diet pakai ubi yang perlu kamu mengerti. sebab dari segi kesehatan diet dengan ubi dianggap kurang tepat.  Tapi mengkonsumsi ubi tidak sepenuhnya salah.

Mengkonsumsi ubi rebus dengan jumlah yang tepat atau benar juga dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Kamu dapat bertanya lebih lanjut tentang metode diet dengan ubi atau metode untuk menurunkan berat badan yang lainnya, bisa melalu fitur chat dokter yang ada di aplikasi playstore.