penyebab remote mobil tidak berfungsi
Ilustrasi:pixaby

5 Penyebab Remote Mobil Rusak dan Tidak Berfungsi

Remote mobil sekarang sudah menjadi trend zaman sekarang. Bahkan semua orang yang belum mempunyai mobil tapi tahu juga keberadaan dan fungsinya remote mobil. Tetapi dengan seiringnya semakin banyaknya atau sering menggunakan remote, sehingga kadang remote mobil tidak berfungsi dengan baik. Apakah anda pernah mengalami dengan remote mobil yang tidak berfungsi?

Dengan menggunakan remote mobil yang memiliki fungsi untuk mempermudahkan dalam mengunci dan membuka kunci pintu mobil.

Benda ini juga dapat anda gunakan untuk menyalakan alarm pada mobil. Tetapi kalau ada masalah pada remote tersebut akan terganggu apabila terjadi sesuatu.

Nah, sekarang kamu harus mengetahui penyebab remote mobil tidak dapat berfungsi dengan baik bahkan setelah diganti baterainya, anda dapat membaca ulasan ini.

Manfaat dari Remote Mobil yang perlu anda ketahui

Apakah mobil kamu sudah dilengkapi dengan remote? Pada saat ini, pemakaian remote mobil sudah sangat banyak semua ini karena manfaat dan fungsinya. Tetapi apa kamu tahu apa saja fungsi atau manfaat sebenarnya dari remote tersebut?

Walaupun fungsi remote mobil yang pada umumnya untuk mengunci mobil, akan tetapi benda ini memiliki fungsi lain. Contohnya keluaran mobil sekarang atau terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih.

Sehingga dengan ini dapat memudahkan penggunanya pada saat untuk membuka atau menguncinya tanpa harus masukkan kunci pada lubangnya.

Bahkan dari jarak jauh pun kamu bisa membuka atau menutup pintu mobil dengan menggunakan remote mobil. Pada remote tersebut, anda dapat melihat ada beberapa tombol yang mempunyai fungsinya masing-masing.

Remote mobil juga memiliki fungsi yang lain yaitu bisa menjaga keamanan mobil anda, sehinga akan terhindar dari orang lain yang akan ganggu, bisa saja dapat menyebabkan kerusakan atau kehilangan mobil.

Baca Juga  Cara Untuk Memperbaiki Aki Kering Yang Soak

Remote Mobil Berfungsi sebagai Alarm

Penyebab kerusakan pada remote mobil
Ilustrasi:pixaby

Pada remote mobil ada salah satu tombol yang bergambar speaker yaitu berfungsi sebagai alarm. Jika anda menemukan gambar tersebut pada tombol remote akan mengeluarkan bunyi  seperti alarm atau sebagai pengingat.

Bunyi yang dikeluarkan itu cukup keras sehingga anda bisa menggunakannya untuk mengusir maling dari rumah.

Pada saat malam hari anda mendengarkan ada suara yang mencurigakan, anda bisa menekan tombol alarm pada remote mobil untuk mengejutkan orang jahat yang ingin mencoba masuk ke dalam rumah atau membawa kabur mobil.

Anda juga dapat menggunakan tombol tersebut untuk digunakan yang lainnya, misalnya untuk menemukan letak mobil.

Soalnya kadang kita sering lupa dimana memarkirkan mobil, apa lagi jika tempat parkirnya sudah penuh terisi semua.

Bukan hanya itu, hal yang serupa juga dapat terjadi saat ditempat parkir yang belum pernah anda datangi sebelumnya.

Apalagi tiba-tiba anda lupa dimana menempatkan mobilnya, nah kalau seperti ini kamu dapat memanfaatkan remote mobil yang anda pegang.

Dengan menekan tombol alarm pada remote mobil, maka mobil akan mengeluarkan bunyi sehingga anda akan mengetahui dimana mobil tersebut berada.

Penyebab Remote Mobil Rusak atau Tidak Berfungsi

Dengan seiringnya kemajuan teknologi yang semakin canggih, kini pemilik atau pengguna otomotif dapat memanfaatkan remote untuk membuka dan menutup pintu mobil mereka.

Tetapi semua ini akan menjadi kendala kalau remote tersebut tidak bisa digunakan dengan baik. Nah, jika remote mobil anda tidak berfungsi, sebaiknya anda segera mengecek. Karena dengan itu, remote anda bisa digunakan lagi seperti biasanya.

Apa saja sih penyebab remote mobil tiba-tiba rusak atau tidak berfungsi? Berikut ini adalah beberapa alasannya atau masalah yang sering terjadi antara lain :

1. Baterai Remote Habis

Remote mobil anda yang digunakan sehari-hari untuk memudahkan serta menjaga keamanan mobil yakni dengan menggunakan tenaga dari baterai.

Baca Juga  5 Langkah Cara Mudah Ganti Ban Mobil untuk Wanita

Seperti baterai pada umumnya yang terdapat pada remote televise maupun AC, baterai pada remote mobil anda pun akan habis seiring berjalannya waktu dan sering digunakan.

Apabila remote mobil Xenia tidak berfungsi, pertama anda perlu mengecek di bagian baterainya dulu.  Sebenarnya semua itu anda bisa mengetahui baterai yang sudah habis atau tidak dengan cara melihat lambu remote tidak menyala pada saat anda tekan tombolnya.

Lampu yang tidak menyala pada remote itu bisa menjadi tanda atau indikasi agar anda segera untuk mengganti baterainya.

Setelah sudah diganti dengan baterai yang baru, anda sekarang dapat mencoba menggunakan remote tersebut kembali.

Nah, jika sudah diganti kemudian menyala lagi remotenya, itu berarti memang benar baterainya yang habis. Tentunya masalah ini tidak perlu anda khawatir, sebab ini bukan masalah yang besar melainkan hal yang wajar.

2. Receiver Remote Rusak atau Tidak Berfungsi

Selain baterai, penyebab rusak atau tidak bisa berfungsinya remote mobil juga bisa karena yang lain seperti receiver remote yang rusak.

Semua produk tidak akan bertahan sampai seumur hidup. Artinya remote mobil juga dapat kapan saja akan mengalami kerusakan termasuk pada bagian receivernya.

Reciver pada remote mobil adalah salah satu komponen yang tertanam di dalam remote. Jika terjadi kerusakan pada komponennya, kemungkinan pada remote kunci mobil yang tidak berfungsi seperti biasanya.

Apa sih, fungsi dari receiver? Merupakan komponen yang satu ini berfungsi untuk menerima gelombang dari remote pada saat salah satu tombolnya ditekan.

Setelah itu, receiver akan memerintahkan supaya mobil terkunci. Apabila kerusakan pada komponen receiver anda harus segera perbaiki.

Semakin anda menunda untuk memperbaiki, akan semakin lama juga remote anda dapat digunakan kembali, dengan ini anda akan membuka atau menutup pintu mobil dengan cara manual.

3. Frekuensi Remote Terganggu

Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui jika ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi fungsi remote mobil yang anda pakai. Walalupun remote tersebut sudah diganti baterai tapi masih tidak berfungsi.

Baca Juga  Cara kerja gearbox pada Mobil

Jika hal ini anda alami, berarti anda harus mencari penyebab rusak atau tidak fungsinya remote yang lain.

Apakah anda sudah tahu? Wilayah atau daerah yang memiliki gelombang elektronmagnetik tinggi bisa mempengaruhi kinerja remote mobil.

Nah, oleh sebab itu, kejadian seperti ini sangat masuk akal apabila anda tidak dapat mengunci pintu mobil walaupun tidak adanya kerusakan pada remote mobil.

Pada umumnya, daerah seperti itu  biasanya di sekitar menara Saluran Udara Tekanan Ekstra Tinggi atau sering dikenal dengan SUTET. Seperti menara radio, televise dan sejenisnya

Tetapi gangguan seperti itu bersifat sementara. Pada saat anda sudah berada didaerah lain, remote mobil akan berfungsi kembali berkerja seperti biasanya.

Supaya tidak terjadi hal seperti itu, anda harus menghindari area yang bergelombang magnetic tinggi supaya frekuensi pada remote mobil tidak mengalami gangguan.

4. Salah Satu Komponen Remote Mengalami Kerusakan

Komponen receiver merupakan bukan satu-satunya komponen yang ada pada remote mobil. Yang berarti remote hanya dapat bekerja jika semua komponen berfungsi dengan baik.

Dengan ini berarti apabila terjadi kerusakan di salah satu komponen lain, remote mobil mungkin juga tidak akan berfungsi.

Untuk itu setiap komponen harus dijaga agar tetap baik, dengan cara hindari beberapa hal yang bisa merugikan anda misalnya dengan menjatuhkan remote mobil.

Remote mobil yang sering ditekan juga dapat membuat remote rusak sehingga anda harus memperbaiki atau bisa menggantinya dengan yang baru.

5. Sering Disimpan Dalam Saku Celana atau Baju

Remote mobil anda sering di simpan di dalam saku celana atau baju. Apabila benar, maka sekarang ubah kebiasaan seperti itu. Mengapa demikian? Sebab pada saat berada di dalam saku celana kemungkinan remote akan sering tertekan. Sehingga ini bisa menyebabkan remote mobil tidak berfungsi.

Demikian ulasan dari kami, semoga bermanfaat untuk kita semua. Amiien….