Manfaat temu ireng untuk kesehatan

7 Manfaat Tanaman Temu Ireng untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman temu ireng adalah salah satu tanaman herbal yang sudah lama dipakai sebagai tanaman obat tradisional yang bisa digunakan untuk berbagai macam masalah Kesehatan.

Apa saja sih manfaat dari tanaman temu ireng untuk kesehatan tubuh kita? Sekarang kita simak selengkapnya di ulasan atau artikel berikut ini ya..!

Kandungan yang terdapat di Temu Ireng Untuk Kesehatan

manfaat temu ireng
Ilustrasi:shutterstock

Tanaman temu ireng atau dengan nama latin Curcuma aeruginosa adalah tanaman herbal yang biasa atau sering dijadikan sebagai jamu untuk kesehatan tubuh.

Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, tanaman ini tumbuh secara liar dan rasanya sangat pahit. Batangnya berwarna hijau, memiliki bentuk semacam sekumpulan pelepah daun dan panjang batangnya sekitar 50 dengan tinggi sampai 2 meter.

Penelitian tentang tanaman temu ireng dengan nama latin curcuma aeruginosaroxb yang berjudul Pharmacognostic evaluastion of Curcuma aeruginosa Roxb, ternyata tanaman ini sudah lebih dikenal dengan nama ‘Jahe Merah Muda dan Biru’ dan banyak digunakan untuk system pengobatan di India sejak zaman dahulu.

Tanaman ini sudah dipercaya memiliki banyak khasiat bagi tubuh, berikut ini kandungan yang terdapat dalam temu ireng.

  • Flavonoid
  • Kurkumin
  • Minyakatsiri
  • Alkaloid
  • Saponin

Manfaat dari tanaman Temu Ireng Untuk Kesehatan

manfaat temu ireng
Ilustrasi:shutterstock

Manfaat tanaman temu ireng sangat banyak untuk kesehatan. Sering sekali kita temukan pada olahan jamu, serta manfaat dari temu ireng untuk kesehatan tubuhs udah lama telah dipercaya oleh masyarakat.

Baca Juga  Diet dengan Ubi. Apakah Ampuh?

Berikut ini bebarapa manfaat dari temu ireng untuk kesehatan tubuh yang dilansir dari berbagai sumber, antara lain :

1. Sebagai antibakteri

Manfaat temu ireng pertama merupakan sebagai antibakteri. Institut pertanian Bogor telah melakukan penelitian tanaman temu ireng dapat digunakan sebagai obat herbal sebab tanaman ini mengandung berbagai senyawa bioaktif.

Temu Ireng Untuk Kesehatan memiliki kandungan flavonoid di dalamnya, setelah dilakukan penelitian ternyata menemukan adanya aktivitas antibakteri yaitu antara bakteri staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Luka yang terbuka memiliki resiko infeksi yang tinggi. Sebab, untuk itu luka luar seperti itu harus cepat diobati. Apakah anda tahu temu ireng bisa mempercepat menyembuhkan luka? Itu semua karena sifat antibakteri yang ada didalam temuireng, sehingga pada proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Tidak hanya itu, temu ireng juga mungkin bisa mencegah munculnya inflasmasi pada luka yang kamu alami

3. Menambah nafsu makan

Anak anda sulit kalau disuruh makan? Mungk in ini bisa terjadi Karena anak anda kekurangan nafsu makan. Kamu bisa menggunakan tanaman herbal ini untuk anak-anak, terutama pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Kandungan kurikulum didalam temu ireng, akan meningkatkan nafsu makan pada anak anda. Selain itu juga untuk menaikkan berat badan dan cocok konsumsi jamu yang satu ini.

4. Sumber antioksi dan yang baik

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa antioksidan sangat penting untuk tubuh kita yakni membantu system kerja imun dan sekaligus melindungi sel-sel tubuh.

Tanaman temu ireng adalah salah satu tanaman obat herbal yang kaya antioksidan alami, yang bisa mengurangi resiko penyakit-penyakit yang berbahaya antara lain kanker dan penyakit kardiovaskular menurun.

Baca Juga  Cara Pakai BPJS Kesehatan untuk berobat, Ini Langkahnya

Selain itu temu ireng dapat anda konsumsi pada suplemen daya tahan tubuh seperti yang ada di Sidomuncul Sari Kunyit.

5. Membantu untuk atasi kebotakan rambut

Selain memiliki kandungan antioksidan, temu ireng juga bermanfaat untuk kaum pria yang perlu dicoba. Manfaat tanaman temu ireng yang lain yaitu membantu mengatasi masalah kebotakan pada rambut anda.

Berdasarkan penelitian, delapan puluh tujuh pria memiliki masalah kebotakan mengalami peningkatan yang signifikan pada saat mengoleskan obat dengan temu ireng 5 persen. Tidak hanya melambatkan kerontokan, ternyat temu ireng bisa merangsang pertumbuhan rambut baru.

6. Dimanfaatkan sebagai obat cacingan

Apakah anda sering merasa lapar tetapi berat badan tidak kunjung naik? Kamu harus hati-hati, semua itu bisa terjadi karena terkena cacingan.

Temu ireng bisa digunakan sebagai obat cacingan, terutama pada anak-anak sebab tanaman temu ireng memiliki senyawa anti cacing yang bisa untuk mencegah cacingan dengan baik.

7. Untuk melancarkan pada saat haid

Untuk anda yang memiliki siklus haid yang tidak lancer biasanya ini sering dialami sebagian wanita. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, seperti stress dan kecapean.

Tanaman temu ireng mempunyai sifat depurative yaitu sebagai pembersih darah sehingga bisa atau mampu mendetoksifikasi racun yang ada didalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih lancar.

Efek samping dari tanaman temu ireng

Dikenal sebagai tanaman herbal, dalam penggunaan temu ireng untuk dosis wajar tergolong aman. Tetapi, jika anda akan mengkonsumsi temu ireng dalam jangka panjang, sebaiknya konsultasi dahulu ke dokter untuk menghindari efek samping yang bisa muncul kapan saja.

Demikian beberapa manfaat temu ireng bagi kesehatan tubuh kita. Anda dapat menggunakan temu ireng untuk membantu dalam meningkatkan kesehatan, terlebih tanaman temu ireng cukup mudah ditemukan di Negara kita Indonesia.

Baca Juga  8 Tips Yang Mudah Dan Bisa Kamu Coba Untuk Membayar BPJS Kesehatan

Hanya saja, kamu harus ingat meskipun temu ireng memiliki banyak manfaat, tanaman herbal ini bisa digunakan hanya untuk mendukung dalam proses penyembuahan.

Apabila anda mengalami masalah atau gejalamedis yang lain, sebaiknya periksa dulu ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan efektif. Simak terus informasi atau artikel seputar kesehatan yang lainya. Semoga bermanfaat!