cara mengatasi aki soak
Ilustrasi:pixaby

Cara Untuk Memperbaiki Aki Kering Yang Soak

Aki soak adalah suatu masalah yang mungkin dialami atau pernah terjadi pada kendaraan yang anda miliki. Solusi Memperbaiki Aki Rusak kita sering melakukan pengecekan pada aki pada mobil.

Pada umumnya aki soak adalah kondisi aki yang tidak dapat menghasilkan tegangan. Ini bisa terjadi disebabkan dalam menggunakan sudah terlalu lama atau karena salah cara merawatnya. Lalu bagaimana cara untuk memperbaiki aki kering yang soak?

Tips dan Cara untuk Memperbaiki Aki Soak

cara mengatasi aki soak
Ilustrasi:pixaby

Pada saat aki kering anda soak, tidak perlu khawatir atau panik. Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan sebagai cara untuk memperbaiki aki kering yang soak antara lain :

1. Melepaskan Aki

Pertama yang perlu anda lakukan saat aki kering soak adalah melepas aki dulu. Karena dengan ini untuk memutuskan arus aki. Caranya anda perlu melepaskan kabel positif dan negative.

Lakukan secara perlahan agar terhindar dari arus pendek. Setelah kedua kabel sudah terlepas, keluarkan akinya dari boks.

2. Membuka Penutup Aki

Setelah aki sudah terlepas kemudian buku penutup aki. Kamu harus pastikan dengan perlahan dan hati-hati supaya kotak aki tidak rusak.

Kemudian anda dapat membersihkan akinya, setelah itu dengan memakai kain lap usapkan sampai bersih.

3. Mengisi Air Aki

Selanjutnya anda perlu lakukan yaitu mengisi air aki atau air zuur. Kamu harus pastikan dulu untuk menggunakan air yang benar sebab kalau salah dapat merusak aki kering itu sendiri.

Baca Juga  5 Langkah Cara Mudah Ganti Ban Mobil untuk Wanita

Pada saat anda membeli air zuur, anda juga harus membeli alat suntiknya, karena alat ini akan digunakan nantinya untuk mengisi air aki.

Caranya adalah pertama kamu masukan air zuur ke dalam suntikan. Kemudian suntikan air zuur yang tadi kelubang aki kering. Pada saat mengisinya kamu harus pastikan bahwa volumenya sesuai.

Volume air aki harus berada di batasnya. Apabila terlalu sedikit atau pun terlalu banyak akan membuat aki menjadi cepat rusak.

4. Menutup Aki

Setelah air aki kering sudah diisi, langkah selanjutnya yaitu menutup aki kering kembali. Tapi anda harus pastikan tutup aki dengan rapat agar tidak ada udara yang bisa masuk.

5. Memasang Aki Kembali

Setelah aki sudah ditutup dengan rapat, selanjutnya yaitu pasang kembali aki pada boks atau tempatnya. Lalu kabel positif dan negatif dipasang kembali

Saat kedua kabel terpasang, pastikan lakukan dengan berhati-hati supaya tidak terjadi arus pendek. Kamu harus pastikan semua terpasang dengan tepat dan posisi aki tidak boleh goyang.

6. Coba Mesin Dinyalakan

Langkah yang terakhir anda perlu lakukan yaitu dengan mencoba menyalakan mesinnya. Saat mesin berhasil dinyalakan maka langkah perbaikan yang anda lakukan berhasil atau sukses.

Tips dan Cara Memperbaiki Aki Kering yang Soak dengan Alat Bantu

Cara mengatasi aki rusak
Ilustrasi:pixaby

solusi memperbaiki aki rusak, selainl angkah-langkah diatas, ada juga yang dapat kamu lakukan antara lain :

1. Memakai Jumper

Solusi yang pertama anda bisa lakukan dengan memakai jumper. Cara untuk memperbaiki aki yang soak dengan cara menggunakan alat jumper.

Namun dengan cara jumper, anda perlu berhati-hati supaya tidak terjadi korslet. Dengan cara sambungkan aki anda ke aki mobil yang lain dengan memakai kabel jumper. Langkah-langkah yang perlu anda lakukan yaitu :

  • Kondisi mobil harus dalam keadaan mati dan posisi kedua mobil berdekatan.
  • Selanjutnya jepitkan kabel jumper warna merah ke kutub positif aki mobil yang normal, kemudian sambungkan ke kutub positif aki mobil yang soak.
  • Kabel warna hitam jepitkan ke kutub negative aki mobil anda setelah itu sambunkan ke kutub negatif aki mobil yang normal.
  • Kamu pastikan jepitan semuanya kuat.
  • Kalau semuanya sudah terpasang maka anda coba mobil yang normal di starter. Tunggu beberapa saat kemudian coba mobil kamu nyalakan.
Baca Juga  Cara Pengoperasian dan Merawat Kopling

2. Dengan Memakai Charger Transformer

Untuk memperbaiki aki kering soak yang lain, anda dapat melakukan dengan menggunakan charger transformer. Alat ini mempunyai daya listrik yang dapat mengisi kembali daya listrik pada aki. Prinsip kerjanya sama dengan alat charger pada perangkat Hanphone anda.

Cara Supaya Aki Tidak Cepat Soak

Sekarang sudah tahu solusi memperbaiki aki rusak, selanjutnya anda perlu mengetahui cara agar aki tidak cepat soak. Cara seperti ini merupakan cara yang penting supaya aki tidak cepat rusak dan menjadi awet. Adapun cara yang dapat anda lakukan adalah :

1. Beban Pada Aki Harus Diperhatikan

Salah satu yang harus kamu perhatikan untuk menjaga aki kering yaitu dengan memperhatikan beban pada saat menggunakannya. Tidak boleh memberikan beban yang berlebihan pada aki.

Hal seperti ini dapat membuat aki menjadi cepat soak, selain itu, untuk memperhatikan beban anda dapat melakukan pengecekan lewat bengkel.

2. Aki Dibersihkan Secara Rutin atau Berkala

Cara selanjutnya agar aki tidak cepat soak adalah selalu membersihkan bagian penghubung aki. Hal ini dapat anda lakukkan untuk merawat aki.

Supaya aki bisa bertahan lama, maka anda perlu membersihkan bagian aki terutama pada bagian terminal aki. Biasanya bagian ini banyak debu dan kotoran yang menempel. Ini salah satu menyebabkan aliran listrik aki menjadi terhambat.

3. Panaskan Mesin Mobil Secara Rutin

Pada saat kondisi mobil anda tidak digunakan, sebaiknya sering dipanasi mobil anda secara rutin.

Usahakan kamu harus memanasi mobil setidaknya 5 sampai 10 menit setiap hari. Hal ini merupakan salah satu upaya menjaga agar kualitas aki kendaraan anda.

Tanda-tanda Aki Mulai Soak

Setelah memahami cara untuk memperbaiki aki kering soak, selanjutnya anda perlu memahami apa saja ciri-ciri yang menandakan aki kering anda mulai soak. Hal ini berguna sebagai antisipasi anda supaya tidak terjadi kerusakan aki yang semakin parah.

Baca Juga  5 Penyebab Remote Mobil Rusak dan Tidak Berfungsi

Apabila muncul tanda-tanda ini maka anda sudah mengerti jika ada masalah yang terjadi pada aki. Selanjutnya anda bisa melakukan langkah untuk memperbaiki dengan lebih cepat. Inilah ciri-ciri aki mulai soak antara lain sebagai berikut :

1. Kendaraan Akan Sulit Distarter

Ciri yang pertama aki mulai soak yaitu kendaraan anda akan sulit distarter. Sebab starter kendaraan akan memakai arus listrik yang bersumber dari aki.

Ketika aki mengalami masalah maka arus listrik yang diperlukan pun menjadi tidak ada. Hal inilah yang bisa menjadi penyebab kendaraan menjadi sulit distarter.

2. Bunyi Klakson Menurun/ Lemah

Ciri yang lain yang menunjukan ada masalah pada aki yaitu ketika anda bunyikan suara klakson yang anda miliki menjadi pelan dan lemah.

Sumber dari klakson ini berasal langsung dari aki, sehingga pada saat aki melemah akan terjadi penurunan juga terhadap bunyik lakson.

3. Lampu Mobil Meredup

Ciri lainnya yang harus anda sadari yaitu lampu mobil anda akan mulai meredup. Prinsip kerjanya sama dengan klakson, apabila aki semakin melemah maka lampu kendaraan anda juga akan semakin redup.

Demikian tadi beberapa hal tentang cara atau tips untuk memperbaiki aki kering soak yang perlu anda ketahui. Aki adalah sebagai sumber yang utama kelistrikan pada kendaraan. Sehingga pada saat fungsi aki terganggu atau terjadi masalah, pastinya akan mengakibatkan banyak komponen yang terganggu juga fungsinya.