cara ganti ban
Ilustrasi:pixaby

5 Langkah Cara Mudah Ganti Ban Mobil untuk Wanita

Cara mudah ganti ban untuk kaum hawa, jangan panik saat ban mobil anda pecah atau bocor karena perempuan juga bisa menggantinya. Beikut ini kami berikan tips atau cara dari berbagai sumber.

1. Ketika Ban Pecah atau Kempes Menepi dan Jangan Panik

Pada saat kamu merasa mobil mendadak oleng, kemungkinan besar ban mobil kamu kempes atau pecah. Jika kamu merasakan hal seperti itu, kamu jangan panik dan harus segera menepi.

Berhenti atau parkir mobil di tempat yang aman dan rata. Kemudian tarik rem tangan supaya mobil kamu aman dan tidak jalan sendiri. Lalu mulai langkah untuk mengganti ban mobil.

2. Cara mudah ganti ban : Menyiapkan Dongkrak dan Ban Serep

Anda pastinya tidak akan bisa ganti ban mobil tanpa memakai peralatan yang memadai. Anda juga harus tahu letak dongkrak dan ban serep (cadangan) mobil anda.

Pada umumnya letak ban serep biasanya ada di bagian bawah bagasi, sedangkan dongkrak biasanya ditempatkan dibawah jok kursi depan penumpang.

3. Cara mudah ganti ban : Memasang Dongkrak Mobil

Ini hal yang sangat penting untuk diketahui, pertama pasang dulu dongkrak di dekat ban yang akan diganti, kamu pastikan juga saat memasang dongkrak pada posisi yang kuat.

Pada saat memasang dongkrak yaitu pada titik dongkrak yang ditandai dengan cekungan didekat roda. Pastikan dongkraknya sudah berada diposisi tegak lurus, setelah itu angkat ban dengan dongkrak sehingga ban akan terangkat.

Baca Juga  Cara Pengoperasian dan Merawat Kopling

4. Mengendorkan Baut Ban dan Menarik Ban Mobil untuk Dilepas

Selanjutnya kendorkan dulu baut ban, setelah ban terangkat oleh dongkrak, baut ban dilepas semua lalu ban yang kempes atau pecah juga dilepas. Setelah itu, pasang ban cadangan atau serep pada posisi yang tepat, kemudian pasang kembali baut roda secara bersilang. Selanjutnya kamu dapat mengencangkan baut setelah selesai dengan dongkrak.

5. Menurunkan Dongkrak dan Merapikan Peralatan

Saat menurunkan dongkrak kamu harus pelan-pelan. Lakukan sampai dongkrak menyentuh tanah. Kemudian, kencangkan baut roda dan putar searah jarum jam dengan menyilang.

Kamu harus pastikan ban yang telah terpasang dengan kuat. Tempatkan ban yang pecah atau kempes tadi pada tempatnya sebelum kamu berkendara lagi.

Perlu anda ingat jangan membiarkan ban cadangan digunakan secara terus menerus. Pada umumnya ban serep atau cadangan memiliki ukuran yang lebih kecil dan kurang layak digunakan untuk ban harian. Karena itulah disebut dengan nama ban serep atau cadangan.

Kamu lebih baik segera untuk mencari bengkel yang bisa menambal ban dengan baik. Setelah itu langsung menggantikan dengan ban cadangan yang baru ditambal. Dengan itu, kualitas ban dan ukuran ban semuanya kembali sama.

Demikian tadi artikel tentang cara atau langkah untuk menganti ban dengan mudah untuk kaum hawa atau wanita. Terima kasih dan semoga bermanfaat.