manfaat dari buah alpukat
Ilustrasi:pixaby

Manfaat dari Alpukat untuk Kolesterol yang Menguntungkan

Manfaat dari buah Alpukat yaitu dapat menurunkan kolesterol. Sebab kemampuan ini diperoleh dari kandungan lemak sehat dari buah alpukat yang berupa lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh ini bisa meningkatkan kolesterol baik HDL dan dapat menurunkan LDL.

Kebanyakan orang pasti menghindari makanan yang berlemak sebab takut dengan kadar kolesterol yang meningkat.

Sebenarnya tidak semua jenis lemak itu dapat meningkatkan kolesterol. Salah satu contohnya makanan yang tinggi lemak yang bagus untuk kolesterol yaitu buah alpukat.

Apukat salah satu buah kaya lemak yang sehat berupa lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol baik HDL (High Density Lipoprotein) dan bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein).

Manfaat dari buah alpukat untuk kadar kolesterol

Buah alpukat merupakan makanan yang kaya nutrisi dan juga tinggi asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Jika kamu tambahkan buah alpukat pada menu makanan sehari-hari, maka akan membuat kesehatan jantung semakin meningkat sebab kadar kolesterol baik di tubuh ikut bertambah.

Assosiasi kesehatan jantung dari Amerika menyebutkan bahwa makanan atau mengkonsumsi satu buah alpukat perhari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yaitu sering disebut sebagai LDL. Alpukat juga memiliki manfaat untuk menyerap nutrisi lain pada makanan.

Kadar kolesterol baik yang juga disebut HDL akan semakin meningkatkan karena pada alpukat memiliki asam lemak sehat.

Kolesterol baik HDL mempunyai fungsi untuk membawa kolesterol Jahat LDL dari arteri menuju ke hati, setelah itu LDL bisa dipecah dan dibuang dari tubuh.

Baca Juga  Cara Pakai BPJS Kesehatan untuk berobat, Ini Langkahnya

Pada saat kadar kolesterol HDL tinggi, resiko kamu terkena serangan jantung dan penyakit jantung akan lebih rendah dan demikian juga sebaliknya.

Supaya kita selalu menjaga  resiko penyakit jantung tetap rendah, kadar kolesterol HDL disarankan yaitu sekitar 60 miligram per desiliter (mg/dl) atau lebih tinggi.

Meneliti manfaat dari buah alpukat untuk menurunkan kolesterol

Walaupun masih dikatakan terbatas, kegunaan alpukat untuk kolesterol sudah dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Salah satunya yang dilakukan oleh studi dari Penn State yang menemukan bahwa dengan makan satu aplukat sehari bisa dikaitkan dalam penurunan kadar LDL untuk orang dewasa yang berat badannya berlebihan.

Penelitian yang dilakukan pada 45 orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau sering disebut obesitas sebagai berikut :

  • Meneliti diawali dengan semua orang yang telah mengikuti diet ”run-in” yang meniru diet orang amerika, penelitian diawal selama dua minggu.
  • Setelah itu, semua peserta atau orang yang diteliti selama lima minggu harus menjalani tiga diet rendah lemak.  Diet yang dilakukan adalah diet rendah lemak, diet untuk mengurangi lemak jumlah sedang, dan kalau diet jumlah sedang tambahkan satu alpukat setiap hari.
  • Sedangkan untuk diet lemak sedang tidak menggunakan alpukat, kamu harus diberikan tambahan lemak sehat dengan jumlah asam lemak tak jenuh tunggal sama dengan yang dapat diperoleh dari alpukat.

Hasil yang diperoleh setelah menjalani diet selama lima minggu, orang yang melakukan diet dengan alpukat memiliki kadar kolesterol LDL teroksidasi lebih rendah daripada sebelum melakukan penelitian, serta juga dibanding pada saat menjalani diet rendah lemak tanpa alpukat.

Ukuran partikel yang dimiliki kolesterol jahat LDL sangat beragam. Khusus partikel kolesterol LDL yang tidak baik yaitu yang ukurannya kecil, padat dan kolesterol LDL teroksidasi

Baca Juga  Diet dengan Ubi. Apakah Ampuh?

Studi ini telah menunjukan bahwa diet dengan alpukat dapat membantu menurunkan tingkat partikel LDL kecil, padat serta dapat menurunkan kadar LDL teroksidasi untuk orang dewasa dengan kelebihan berat badan.

Tidak hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan bioaktif yang dapat membuat lebih efektif untuk menurunkan kolesterol jahat dibandingkan dengan diet lemak tak jenuh tunggal yang lain. Kandungan lutein alpukat juga berfungsi untuk melindungi LDL dari proses oksidasi.

Makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol, selain manfaat dari buah alpukat

Selain alpukat, inilah sejumlah makanan lain yang baik untuk menurunkan kolesterol LDL dan bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik HDL, antara lain :

1. Sumber antioksidan

Pertama makanan dengan sumber antioksidan. Yang dapat dijadikan menu untuk diet sehat dalam membantu meningkatkan kadar HDL dan melindungi sel dari kerusakan. Makanan sumber antioksidan antara lain sayuran hijau dan buah.

2. Kacang-kacangan dan Almond

Almond dan kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol.

3. Oatmeal

Yang Ketiga oatmeal, sudah berbagai penelitian bahwa orang yang mengkonsumsi oatmeal secara rutin dapat menurunkan kolesterol LDL. Tetapi, kolesterol totalnya tidak menurunkan kadar HDL.

4. Ikan berlemak

Keempat jenis ikan yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Misalnya trout, salmon, makarel, herring atau ikan yang berlemak lain yang kaya akan asam lemak omega-3.

Kandungan Omega-3 merupakan kandungan yang memiliki manfaat untuk meningkatkan ukuran kolesterol HDL. Sehingga dapat memudahkan dalam pengangkutan kolesterol pada pembuluh darah.

5. Sumber niasin

Niasin atau bisa disebut dengan vitamin B3 juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar HDL dalam darah. Makanan tinggi yang termasuk niasin diantaranya yaitu tomat, selada dan dada ayam.

Baca Juga  7 Manfaat Tanaman Temu Ireng untuk Kesehatan Tubuh

Demikian manfaat dari alpukat dan makanan lain yang baik untuk kolesterol. Alpukat juga tinggi akan kalori, sehingga asupan alpukat harus tetap dibatasi dalam porsi sedang supaya tidak menyebabkan kelebihan berat badan yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih dan sampai di artikel selanjutnya.